News Flash

Ahli Epidemiologi Harvard, Memperkirakan Virus Corona Akan Menginfeksi 70 Persen Manusia

virus corona

Ahli epidemiologi Harvard, Marc Lipsitch memperkirakan virus corona tak akan bisa ditahan dan akan menginfeksi 40-70% manusia dalam kurun waktu satu tahun. Meski begitu, menurut Lipsitch, banyak mereka yang terinfeksi tidak akan memiliki penyakit parah atau bahkan menunjukkan gejala sama sekali.

Penyakit yang dikenal dengan nama COVID-19 ini tampaknya memiliki tingkat kematian kurang dari 2 persen. Secara eksponensial lebih rendah daripada kebanyakan wabah yang mempu membuat gempar planet Bumi. Tidak seperti dua virus corona sebelumnya yang sempat mewabah, SARS dan MERS, memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi. Meski begitu, kewaspadaan akan bermutasinya virus ini menjadi lebih berbahaya harus terus ditingkatkan.

Virus corona baru yang dikenal dengan nama SARS-CoV-2 ini memiliki gejala yang mirip dengan virus influenza. Sebagian mereka yang terinfeksi mampu melakukan aktifitas seperti biasa dan bahkan tidak menunjukan gejala sehingga mampu menginfeksi banyak orang.

Laporan yang dirilis oleh The Atlantic menyebutkan, ada konsensus yang muncul bahwa wabah pada akhirnya akan berubah menjadi penyakit musiman baru, seperti flu.

Beberapa negara, seperti Cina, Korea Selatan dan Italia telah melakukan lockdown di kota- kota yang terjadi wabah untuk menahan laju penyebaran virus corona. Meski begitu, proses containment ternyata tidak mampu menahan laju penyebaran virus corona baru.

Beberapa negara, terus melaporkan kasus baru penderita COVID-19. Hingga hari ini, 27 Februari 2020, SARS-CoV-2 telah menyebar ke 42 negara di seluruh benua, kecuali Antartika.

Korea Selatan menjadi negara dengan penderita COVID-19 terbanyak di luar Cina dengan 1300 kasus.

Di Indonesia sendiri hingga saat ini belum ditemukan penderita COVID-19. Meski begitu beberapa terduga pasien mengeluhkan gejala yang mirip dengan gejala COVID-19 sempat dirawat di beberapa rumah sakit di Indonesia dengan hasil tes negatif.

Related posts
News Flash

Sejarah Singkat Tahun Baru Islam

News FlashThe Hype

Pesaing TikTok Milik SnapChat Spotlight Kantongi 100 Juta Pengguna

News Flash

Tokopedia dikabarkan merger dengan Bridgetown

News Flash

Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk GBK

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *