Get Life

Apa Itu Hustle Culture? Kerja Kerja Tipes?

hustle culture

Bekerja merupakan salah satu rutinitas yang tidak dapat dihindari oleh manusia modern saat ini. Hal ini dlakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Meski begitu, tidak sedikit pekerja yang memilih hidup untuk bekerja. Banyak dari mereka yang rela mengorbankan waktu dan kesehatannya untuk bekerja.

Di masyarakat modern, budaya ini dikenal dengan istilah hustle culture. Budaya yang mendorong seseorang untuk bekerja lebih keras melebihi batas kemampuannya. Kata hustle diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang berarti “kegiatan, semangat bertanding/bekerja yang meluap”. Wajar jika para hustler terus bekerja tanpa lelah untuk mencapai kesusksesan. Salah satu figur publik yang ikut mempopulerkan budaya ini adalah CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk. Menurut Elon, seseorang tidak dapat sukses jika hanya bekerja 40 jam dalam seminggu.

Besarnya tuntutan gaya hidup di era modern ini, membuat budaya hustle banyak diperagakan oleh anak muda, terutama para fresh graduate yang ingin mencapai kesuksesan finansial di usia muda. Meski terdengar keren, ternyata budaya hustle ini mempunyai dampak negatif baik dari sisi kesehatan mental maupun fisik. Para hustler kerap terkena burnout yang mengakibatkan mereka stress dan kehilangan work-life balance.

Mereka yang mempraktikan budaya ini kerap memotivasi diri untuk mencapai kesuksesan di usia lebih muda. Tanpa menghiraukan waktu, mereka kerap mengabaikan waktu istirahat dan mengambil lembur hingga larut malam bahkan mengambil side job tanpa menghiraukan batas kemampuan tubuh mereka.

Selain mampu mengakibatkan stress yang mempengaruhi kualitas hidup mereka, budaya hustle juga mampu mengakibatkan kematian. Mendorong fisik terus bekerja lebih dari 50 jam dalam seminggu dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh dan rawan mengalami penyakit jantung dan diabetes.

Ada banyak faktor yang seseorang terpacu mempraktikan budaya hustle, dimana faktor eksternal merupakan pemicu yang paling tinggi bagi seseorang untuk mempraktikan hustle culture.

Dikutip dari Kompas, ada beberapa cara untuk terhindar dari hustle culture di antaranya:

1. Bekerja untuk hidup, bukan hidup untuk bekerja

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, bekerja menjadi salah satu rutinita syang dilakukan oleh manusia modern saat ini. Merek ayang bekerja mendapat imbalan dari pemberi kerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti makan dan membayar keperluan mereka.

Oleh karena itu, meski bekerja dapat memenuhi kebutuhan kita, bekerjalah sesuai dengan batas kemampuan kita. Apalagi pemerintah Indonesia dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Cipta Kerja telah memberikan aturan batas jam kerja bagi masyarakat. Dimana batas yang diberikan yakni, 7 jam sehari atau 40 jam dalam satu minggu untuk 6 hari kerja dengan 1 hari istirahat dalam 1 minggu, atau 8 jam dalam sehari (40 jam dalam satu minggu) untuk 5 hari kerja dengan 2 hari istirahat dalam 1 minggu.

2. Berhenti membandingkan diri

Bersyukur dan berhenti membandingkan diri dengan orang lain adalah cara untuk terhindar dari hustle culture. Apapun pencapaian kita selama bekerja saat ini perlu disyukuri tanpa perlu membandingkan pencapaian kita dengan orang lain.

Mensyukuri hidup kita saat ini dapat membantu hidup kita lebih bahagia.

3. Hargai dan gunakan waktu luang untuk bersantai

Waktu libur atau istirahat yang diberikan oleh kantor, sebaiknya digunakan untuk istirahat dan menjauhkan diri dari pekerjaan. Ada baiknya, waktu luang atau libur tersebut diisi untuk melakukan aktivitas seperti olahraga, menonton televisi, membaca buku atau aktivitas-aktivitas lain di luar kegiatan bekerja.

4. Sukses tidak hanya dari bekerja

Tidak ada jaminan bagi kita jika bekerja keras mampu mengundang kesuksesan. Apalagi definisi sukses setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, bekerjalah sesuai porsinya.

5. Kesehatan lebih penting

Salah satu alasan bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, bekerja lah sesuai waktu yang telah ditentukan oleh pemerintah dengan mengindahkan kesehatan fisik dan mental kita.

Related posts
Get Life

Kelebihan Dan Kekurangan iMac 2021

Get Life

10 Sneakers Termahal Sepanjang Masa

Get Life

7 Kelebihan dari Toyota Raize Terbaru

Get Life

Tips Memilih Spek Laptop Untuk Bekerja

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *