The Hype

Benarkah harga iPhone kemahalan?

Pada 12 September kemarin, dalam acara tahunan Apple Event, Apple meluncurkan tiga smartphone terbaru bersamaan dengan peluncuran produk terbaru mereka lainnya. Dalam acara yang bertajuk Apple Event Gather Round yang berlangsung di Steve Jobs Theater, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini meluncurkan tiga produk iPhone terbaru mereka yang bernama iPhone Xs Max, Xs Plus dan XR.

iPhone pertama kali diluncurkan pada 9 Januari 2007. Pada saat itu, di atas panggung Moscone Center, Steve Jobs mengatakan bahwa mereka berhasil membuat produk revolusioner. Dengan teknologi layar sentuh dan layar sebesar 3,5 inchi, Apple berhasil menjual 1,39 juta iPhone di tahun pertama produk revolusioner mereka diluncurkan.

Sejak itu, hampir setiap tahun Apple secara konsisten mengeluarkan generasi penerus dari iPhone pertama mereka, tentu saja dengan harga yang dibanderol lebih mahal dari ponsel-ponsel android dengan spesifikasi serupa.

Tapi benarkah jika harga iPhone itu terlalu mahal dibanding dengan harga ponsel serupa?

Biaya material pembuatan satu ponsel iPhone berada di angka $1,03 per buahnya. Dalam kurs Rupiah saat ini, angka tersebut setara dengan Rp 14 825, jauh dari harga jual banderol iPhone termurah yang mencapai Rp 5,5 juta. Dalam artikel ini, Tirto.id menjabarkan bahwa biaya material berbeda dengan biaya produksi. Apple harus membayar ongkos produksi yang melibatkan pekerja, biaya perakitan, biaya distribusi, hingga perangkat lunak yang mencapai angka $224 atau setara Rp3,323,284 dalam rupiah untuk sebuah iPhone 7. Di mana layar dan prosesor menjadi komponen paling termahal dari iPhone 7 dengan masing- masing biaya $43 dan $33,9. Dengan membeli iPhone berarti kita sepakat untuk membayar lebih dua kali lipat dari biaya produksi.

Harga iPhone XS mulai dibanderol dengan harga 999 dollar AS (Rp 14,3 jutaan), sementara harga iPhone XS Max dimulai dengan harga 1.099 dollar AS (Rp 15,8 jutaan). Yang paling murah, harga iPhone XR mulai 749 dollar AS (Rp 10,7 jutaan).

Bagaimana siap merogoh kocek lebih dalam?

Related posts
Get LifeThe Hype

Perbandingan Realme C11 Dan Redmi 9

News FlashThe Hype

Pesaing TikTok Milik SnapChat Spotlight Kantongi 100 Juta Pengguna

The Hype

Cara Cuci Tangan untuk Antisipasi COVID-19

The Hype

Daftar Pemenang Billboard Indonesia Music Awards 2020

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *