News Flash

Berapa Tarif Ideal MRT dan LRT Jakarta

MRT Jakarta sedang melakukan uji coba publik sejak 12 Maret lalu. Meski telah lebih dari sepekan melakukan uji coba, hingga saat ini tarif MRT belum kunjung ditentukan oleh DPRD dan Pemprov DKI Jakarta.

Pasalnya, DPRD DKI Jakarta keberatan dengan harga subsidi yang diajukan oleh pemerintah DKI Jakarta. Bagi DPRD, subsidi bagi tarif LRT yang mencapai Rp327 miliar untuk sembilan bulan pengoperasian di tahun 2019 merupakan suatu pemborosan.

Dikutip dari IDN Times, Ketua Komisi C DPRD DKI, Santoso mengatakan saat ini DPRD DKI masih keberatan dengan subsidi yang diajukan oleh Pemprov DKI karena kenaikan biaya yang sampai 210 persen.

“Usulan tarif dari MRT dan LRT saat ini berbeda dari awal pembangunannya makanya pembahasannya lama,” ujar Ketua Komisi C DPRD DKI, Santoso pada IDN Times.

Menurut Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, tarif MRT Jakarta idealnya dipatok Rp30.000 per orang untuk sekali jalan. Dengan bantuan subsidi dari pemerintah, tarif MRT Jakarta diharapkan dapat dipatok di kisaran Rp8.500-Rp10.000.

Investasi yang dikeluarkan untuk membangun jalur MRT sepanjang sepanjang 16 km ini mencapai Rp16 triliun. Pembangunan MRT ini diharapkan mampu menarik dan mengubah kebiasaan berkendara warga Jakarta dari kendaraan pribadi ke transportasi umum seperti MRT.

Related posts
News Flash

Sejarah Singkat Tahun Baru Islam

News FlashThe Hype

Pesaing TikTok Milik SnapChat Spotlight Kantongi 100 Juta Pengguna

News Flash

Tokopedia dikabarkan merger dengan Bridgetown

News Flash

Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk GBK

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *