The Hype

Cara Cuci Tangan untuk Antisipasi COVID-19

Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air ataupun cairan lainnya oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi bersih, sebagai bagian dari ritual keagamaan, ataupun tujuan-tujuan lainnya.

Perilaku mencuci tangan berbeda dengan perilaku cuci tangan yang merujuk pada kata kiasan.

Mencuci tangan baru dikenal pada akhir abad ke 19 dengan tujuan menjadi sehat saat perilaku dan pelayanan jasa sanitasi menjadi penyebab penurunan tajam angka kematian dari penyakit menular yang terdapat pada negara-negara kaya (maju). Perilaku ini diperkenalkan bersamaan dengan ini isolasi dan pemberlakuan teknik membuang kotoran yang aman dan penyediaan air bersih dalam jumlah yang mencukupi.

Penyakit Covid-19 sudah memasuki Indonesia sejak Maret ini. Hingga saat ini, pemerintah mengumumkan total pasien positif virus corona di Indonesia berjumlah 69 orang dan 5 orang meninggal.

Saat tangan dicuci dengan sabun selama 15 detik, tampak masih ada beberapa bakteri yang menempel di kerutan dan buku-buku jari. Namun tangan yang dicuci dengan sabun cuci tangan selama 30 detik, tampak bahwa bakteri-bakteri itu hilang. Sementara tangan yang hanya dibersihkan menggunakan hand sanitizer, tampak di bawah sinar UV bahwa masih ada sisa-sisa kuman, bakteri, virus yang tertinggal. Tidak sebersih saat mencuci tangan dengan sabun.

Metode membersihkan tangannya juga wajib pas supaya bebas dari virus Corona, bakteri serta kuman. Lalu, gimana metode mencuci tangan yang betul?

Basahi tangan dengan air, bisa memakai air hangat ataupun dingin. Kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan.

Belai kedua telapak tangan dengan cara lama- lama dengan aksi memutar.

Sikat kedua telapak tangan sampai berbusa. Bilas semua bagian tangan sampai menyeluruh, dari pergelangan tangan, punggung tangan sela- sela jemari sampai kuku. Jalani sepanjang 20 detik.

  • Bilas semua bagian jemari dengan aksi memutar, satu untuk satu.
  • Basuh tangan sampai bersih dari sisa sabun serta kotoran.
  • Keringkan tangan memakai tisu ataupun handuk bersih.
  • Tutup keran memakai tisu supaya bakteri tidak melekat pada tangan yang sudah bersih.

Bila kesusahan menciptakan sabun, kalian bisa mencuci tangan memakai larutan pencuci tangan semacam hand sanitizer. Yakinkan produk itu memiliki kandungan alkohol paling tidak 60%.

Sabun cair sama pentingnya untuk digunakan di rumah seperti halnya di dunia bisnis. Sabun cair tersedia dalam banyak variasi dan wadah yang cocok untuk digunakan di rumah. Dispenser yang menarik pas dengan dekorasi rumah dan pengaturan bisnis, dan tidak perlu untuk piring sabun bar yang berantakan. Konsumen rumahan bisa mendapatkan harga diskon grosir yang sama dengan yang dinikmati oleh bisnis besar dengan berbelanja online.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia juga sudah menerbitkan Prinsip Kesiapsiagaan Mengalami Peradangan Roman Coronavirus( 2019- nCOV). Salah satu imbauan dalam prinsip itu merupakan dengan teratur membersihkan tangan.

Related posts
Get LifeThe Hype

Perbandingan Realme C11 Dan Redmi 9

News FlashThe Hype

Pesaing TikTok Milik SnapChat Spotlight Kantongi 100 Juta Pengguna

The Hype

Daftar Pemenang Billboard Indonesia Music Awards 2020

The Hype

Samsung memperkenalkan Samsung S20 Plus

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *