News Flash

Daftar Negara yang Melarang Boeing 737 Max Terbang

Kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines yang merenggut nyawa 157 orang di Addis Ababa pada Minggu (10/3/2019) lalu membuat sejumlah negara memberlakukan pelarang terbang kepada sejumlah maskapai yang menggunakan pesawat Boeing tipe 737 Max 8.

Pesawat Boeing tipe 737 Max 8 yang digunakan oleh Ethiopian Airlines tersebut mempunyai tipe yang sama dengan Lion Air yang jatuh di perairan Jawa enam bulan sebelumnya.

Saat ini telah ada 350 pesawat Boeing tipe 737 Max 8 yang diterbangkan oleh 54 operator beredar di seluruh dunia. 2 di antaranya jatuh dalam kurun waktu enam bulan. Hal ini membuat beberapa negara waswas akan keselamatan setiap warganya yang menaiki pesawat Boeing tipe 737 Max 8.

Setelah India, Cina, Singapura dan Indonesia, beberapa negara lainnya mengikuti jejak ketiga negara tersebut untuk ikut melarang setiap pesawat Boeing tipe 737 Max 8 terbang di wilayah udara mereka.

Dikutip dari CNN, berikut daftar negara yang melarang pesawat Boeing tipe 737 Max 8 terbang:

Argentina

Pemerintah Argentina telah memerintahkan maskapai Argentina Aerolíneas Argentinas untuk menghentikan sementara lima pesawat 737 MAX 8 milik mereka.

Afrika Selatan

Maskapai Afrika Selatan Comair Airways menghapus pesawat Boeing tipe 737 Max 8 dalam jadwal penerbangan mereka.

Amerika Serikat

Otoritas Penerbangan Amerika Serikat (FAA) akhirnya mengikuti jejak otoritas penerbangan negara lain yang teah lebih dulu melarang pesawat Boeing tipe 737 Max 8 terbang di wilayah mereka. Sebelumnya FAA menolak untuk memberi larangan kepada setiap maskapai yang beredar karena tidak mempunyai data yang meyakinkan adanya eror di pesawat Boeing tipe 737 Max 8.

Ethiopia

Setelah pesawatnya jatuh tak lama setelah lepas landas. Maskapai Ethiopian Airlines melarang penerbangan empat Boeing 737 MAX 8 yang tersisa dalam armadanya.

Cina

Cina melarang setiap maskapai di negara mereka menerbangkan Boeing 737 Max 8. Tiga maskapai besar Cina, yaitu, China Airlines, China Eastern dan China Southern menjadi tiga dari 54 operator pesawat yang telah menggunakan Boeing 737 Max 8

Singapura

Singapura melarang semua pesawat Boeing 737 tipe Max untuk masuk wilayah negara mereka. Beberapa maskapai seperti SilkAir, China Southern Airlines, Garuda Indonesia, Shandong Airlines dan Thai Lion Air terpengaruh oleh kebijakan otoritas penerbangan Singapura tersebut.

Meksiko

Maskapai Aeromexico menangguhkan penggunaan enam pesawat 737 MAX 8 sampai investigasi kecelakaan penerbangan ET302 selesai.

Jerman

Otoritas Penerbanga Jerman melarang setiap maskapainya untuk menerbangkan Boeing 737 Max 8. Menteri Transportasi Jerman Andreas Scheuer bahkan menutup ruang udara Jerman bagi Boeing 737 Max.

Indonesia

Pemerintah Indonesia melarang sementara dua maskapai Lion Air dan Garuda Indonesia untuk menerbangkan pesawat Boeing 737 Max 8 yang mereka miliki sampai ada investigasi lebih lanjut.

Hong Kong

Otoritas Penerbangan Wilayah Hong Kong melarang pesawat Boeing 737 Max 8 masuk ke dalam ruang udar awilayah mereka.

Malaysia

Otoritas Penerbangan Malaysia melarang pesawat Boeing 737 Max 8 untuk masuk ke dalam wilayah ruang udara mereka sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

 

Related posts
News FlashThe Hype

Pesaing TikTok Milik SnapChat Spotlight Kantongi 100 Juta Pengguna

News Flash

Tokopedia dikabarkan merger dengan Bridgetown

News Flash

Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk GBK

News Flash

Ahli Epidemiologi Harvard, Memperkirakan Virus Corona Akan Menginfeksi 70 Persen Manusia

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *