Get Life

Dari Tinder ke Pelaminan

Risma tak pernah menyangka, aplikasi kencan Tinder yang ia gunakan selama liburan di Bandung membawanya ke kursi pelaminan di bulan Desember tahun 2018 lalu. Pertemuan dua jamnya bersama Anggar di sebuah kafe di Bandung, masuk ke dalam tahap yang lebih serius, pernikahan.

Awalnya sih cuma iseng, biar dapat teman main di Bandung. Eh taunya malah masuk ke jenjang yang lebih serius” ujar Risma menerangkan

Baca juga: Jodoh ku di Tangan Algoritma

Selain Risma, presenter olahraga, Rey Utami juga berhasil menemukan jodonya lewat aplikasi Tinder. Rey bahkan tak butuh waktu lama, ia hanya butuh waktu 7 hari setelah swipe right untuk memantapkan niatnya bahwa
Pablo Putra Benua adalah jodohnya.

Diluncurkan ke publik pada tahun 2012, satu tahun setelahnya, Tinder berhasil mendapatkan penghargaan Best New Startup of 2013 dalam ajang Crunchies Award yang diselenggarakan oleh media teknologi, TechCrunch. Sejak saat itu Tinder telah diunduh lebih dari 50 juta kali. Para penggunanya pun mempunyai beragam motivasi, dari yang sekadar mencari hiburan semata hingga mereka yang ingin mencari pasangan hidup.

Meski kerap dianggap sebagai aplikasi yang membudayakan seks kasual atau hookups ternyata Tinder berhasil mempertemukan dua sejoli yang ingin mempunyai hubungan serius. Dari hasil survei yang dilakukan oleh Jakpat pada tahun 2017, 19,37 persen hasil swipe right pengguna Tinder di Indonesia berhasil masuk ke dalam tahan yang lebih serius.

85,54 persen pengguna Tinder di Indonesia berada di pulau Jawa. 59,77 persen penggunanya adalah pria, dengan rataan umur berada di usia 16-47 tahun.

Ada banyak aplikasi pencarian jodoh atau kencan yang beredar di Apple Store dan Google Play selain Tinder. Dari mulai OkCupid, Match.com, eHarmony hingga Badoo. Salah satu perusahaan raksasa internet, Facebook bahkan menyatakan sedang membangun sebuah fitur untuk memfasilitasi para tuna asmara mencari pasangan yang mereka idamkan di layanan mereka.

Meski terlalu jauh untuk menarik kesimpulan bahwa Tinder atau aplikasi kencan lainnya dapat mampu menggantikan kebiasaan mencari jodoh atau mencari hubungan seksual satu malam saja, namun angka tersebut bisa menjadi tren atau platform alternatif bagi sebagian orang untuk mencari pasangan hidup mereka. Toh, niat dan motivasi seseorang bisa berubah- ubah tergantung isi kepala mereka saat itu.

Related posts
Get Life

Tips Memilih Spek Laptop Untuk Bekerja

Get Life

Tips Memilih HP Infinix Sebelum Membeli

Get Life

Tips Sebelum Membeli Redmi 9T

Get LifeThe Hype

Perbandingan Realme C11 Dan Redmi 9

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *