Hustle

Go-Pay Pimpin Balapan Uang Elektronik di Indonesia

Minat masyarakat terhadap penggunaan uang elektronik semakin meningkat, hal terlihat dari jumlah transaksi uang elektronik yang terus meningkat setiap tahunnya. Menurut Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Onny Widjanarkoada tahun 2018, penggunaan uang elektronik sepanjang Januari-September 2018 melonjak dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Jumlah transaksi sepanjang Januari-September 2018 mencapai angka 1,99 miliar atau naik hampir 277 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang hanya mencapai angka 547 juta. Nilai transaksinya pun ikut naik empat kali lipat dibanding tahun lalu, dari Rp7,5 triliun menjadi Rp31,6 triliun.

Dari sejumlah uang elektronik yang beredar, uang elektronik yang dikeluarkan oleh Go-Jek, Go-Pay, menjadi uang elektronik yang paling banyak digunakan. YouGov Indonesia merilis laporan hasil survey terhadap 1.531 responden yang dilakukan pada 1-8 November 2018 pada Januari 2019. Hasil survey tersebut melaporkan bahwa sebanyak 80 persen pengguna uang elektronik memilih Go-Pay sebagai alat pembayaran non-tunai.

Fitur QR (Quick Response) Code yang terdapat di Go-Pay menjadi keunggulan yang disuka oleh para pengguna uang elektronik. Pengguna dapat dengan mudah melakukan pembayaran hanya dengan memindai barcode yang tersedia di setiap merchant yang bekerja sama dengan Go-Jek. Lewat fitur ini, pengguna Go-Pay naik 400 persen dibanding sebelumnya.

Para pengguna Go-Pay dapat bertransaksi di lebih 300.000 rekan usaha dan 120.000 usaha kecil mikro menengah (UMKM) di Indonesia. Selain itu, Go-Pay juga bisa menjadi alat pembayaran surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan surat izin mengemudi (SIM) di beberapa daerah di Indonesia.

Related posts
Hustle

Grab Jadi Startup Asia Tenggara Pertama yang Menyandang Status Decacorn

Hustle

GoPro kembali hadir dengan tiga produk terbaru

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *