News Flash

Google Putus Hubungan dengan Huawei

Alphabet, induk perusahaan dari raksasa internet Google, sekaligus pemilik Android, memutuskan untuk memutus lisensi kerja sama Android dengan Huawei.

Sikap Google ini merupakan tindak-lanjut dari ditandatanganinya keputusan Presiden Donald Trump yang melarang perusahaan Amerika Serikat bekerja sama dengan perusahan yang masuk dalam daftar perusahaan asing yang membahayakan keamanan nasional.

Amerika Serikat menganggap Huawei dan beberapa perusahaan Cina lainnya memasang backdoor yang dapat digunakan untuk memata- matai. Pemerintah Amerika Serikat juga meyakini bahwa pendiri Huawei, Zhengfei pernah ikut dan menjadi bagian Partai Komunis Cina. Atas hal ini pula Alphabet selaku induk perusahaan dari Google memutuskan untuk mengakhiri hubungan bisnis mereka yang mencakup kerjasama perangkat keras dan layanan teknis.

Banyak pengamat keputusan Alphabet memutus kerja sama mereka dengan Huawei akan berdampak besar pada bisnis Huawei, yang dalam tiga tahun terakhir ponsel Android buatan mereka cukup laris di pasaran.

Putusnya hubungan kerja sama antara Google dan Huawei membuat Huawei dapat kehilangan kases mereka dalam pembaruan keamanan sistem Android dan akses ke Play Store, Gmail dan YouTube.

Selain Amerika Serikat, pemerintah Australia juga melarang Huawei untuk terlibat dalam pengembangan jaringan 5G karena masalah keamanan.

Merespon hal ini, Huawei bersiap untuk meluncurkan sistem operasi milik mereka yang dinamai Kirin. Kirin telah diwacanakan jauh sebelum Google memutus hubungan dengan mereka, pad atahun 2015. Nmaun hingga saat ini, belum ada tanda- tanda Kirin belum ada tanda- tanda Kirin akan dirilis ke publik.

Related posts
News Flash

Sejarah Singkat Tahun Baru Islam

News FlashThe Hype

Pesaing TikTok Milik SnapChat Spotlight Kantongi 100 Juta Pengguna

News Flash

Tokopedia dikabarkan merger dengan Bridgetown

News Flash

Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk GBK

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *