Get Life

Mengenal Partai Pembajak di Eropa

Apa yang ada dipikiran anda ketika mendegar kata pembajak? DVD bajakan? CD bajakan? Namun bagaimana jika para pembajak bersatu dan membuat sebuah partai yang mampu merubah peraturan suatu negara.

Rickard Falkvinge, seorang entrepreneur di bidang IT pada tahun 2006 mendirikan sebuah partai bernama Pirate Party di Swedia. Partai ini bertujuan untuk mereformasi setiap peraturan yang terkait dengan hak kekayaan intelektual. Selain mencoba mereformasi segala peraturan yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektual, partai ini juga memperjuangkan kebebasan berekspresi dan berpendapat, persamaan gender, open data, kebebasan beragama, anti-fasis dan keterbukaan informasi. 

Partai Pembajak mendapat sambutan yang cukup baik di Eropa. Walau tak berhasil mendapat kursi parlem di negara asal mereka Swedia, pada pemilu Parlemen Eropa tahun 2009, Partai Pembajak berhasil meraup suara sebesar 7,3% yang dan berhasil menempatkan dua wakil mereka di kursi parlemen Eropa dan termasuk ke dalam 10 besar partai dengan pemilih terbanyak di Swedia.

Di Jerman, partai ini berhasil meraup 7,4 % suara dengan langsung meraup meraih 4 kursi parlemen dan menyingkirkan Partai Liberal FDP yang pada saat itu merupakan partai dari koalisi pemerintah.

Di Islandia, Partai Pembajak menjadi partai dengan peraup suara terbanyak dengan total suara 43% jauh dari pesaing terdekatnya Independent Party yang hanya meraih 21,6 % yang menjadikan mereka menjadi partai terbesar di negara seribu dongen tersebut saat ini.

Hingga saat ini Partai Pembajak telah di 40 negara yang sebagian besar merupakan negara- negara Eropa. Rata- rata anggota Partai Pembajak merupakan aktivis internet dan anak muda dengan rentang usia 35 tahun ke bawah. Pendiri partai ini Rickard Falkvinge, termasuk ke dalam orang- orang yang menginspirasi dunia pada tahun 2012 versi majalah Time dan juga salah satu dari 20 pejuan internet terpopuler versi The Guardian.

Related posts
Get Life

Tips Memilih Spek Laptop Untuk Bekerja

Get Life

Tips Memilih HP Infinix Sebelum Membeli

Get Life

Tips Sebelum Membeli Redmi 9T

Get LifeThe Hype

Perbandingan Realme C11 Dan Redmi 9

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *