Get Life

Kelebihan Dan Kekurangan iMac 2021

Inilah Kelebihan dan Kekurangan iMac 2021 yang Memperkenal Prosesor M1

Dunia teknologi berkembang semakin pesat dan berlomba-lomba menyajikan berbagai inovasi di satu perangkat teknologi. Begitu juga dengan Apple, yang menjadi salah satu pemimpin inovasi teknologi. iMac 2021 diluncurkan sebagai salah satu perangkat komputer mutakhir. Apple memperkenalkan prosesor M1 melalui iMac. Bukan hanya spesifikasi makin apik, desain yang lebih ramping dan casing warna warni pun dihadirkan.

Produk ini tak lagi diragukan karena performa tinggi, stabil, dan kemampuan grafisnya yang mulus. Berikut kelebihan dan kekurangan perangkat iMac.

  • Desain Tipis dan Warna Makin Beragam

Ukuran iMac sebesar 24 inch dengan tingkat ketebalan yang lebih tipis dari generasi sebelumnya yaitu 11,5 mm. Panel yang diluncurkan beresolusi 4,5K dengan Retina Display yang memiliki tingkat kecerahan mencapai 500 nits.

Selain itu, teknologi True Tone yang dapat menyesuaikan suhu warna secara otomatis dengan tingkat pencahayaan di dalam ruangan didukung oleh perangkat ini.

Hal ini memudahkan Anda dalam mengatur cahaya di layar desktop. Prosesor Neural Engine melengkapi iMac ini untuk meningkatkan kualitas gambar, mengurangi noise, serta menghasilkan eksposur dan white balance yang lebih baik.

  • Performa Semakin Hebat

Performa iMac tahun 2021 mampu menjalankan aplikasi berarsitektur x86 (untuk prosesor Intel) dengan baik. Pengecekan dilakukan melalui salah beberapa aplikasi yaitu Lightroom Classic, Plex, dan Google Chrome

dengan banyak tab berjalan di satu waktu. Kemampuan keren chipset M1 di dalamnya ternyata ada pada software emulasi Apple Rosetta 2.

Di samping itu, hal yang membuat perangkat ini stabil adalah sistem operasi terbaru mac OS Big Sur. Apple merancang seluruh aplikasi dengan label Apple teroptimasi secara universal lewat sistem operasi ini.

Artinya, jika dipasang di perangkat Apple mana pun maka aplikasi tetap berjalan lancar. Hal ini membuat iMac bisa menjalankan aplikasi iOS dengan baik.

  • Kamera dan Audio

iMac dengan chip M1 ini menyediakan kamera HD FaceTime 1080p, mikrofon berkualitas studio, dan sistem suara enam speaker. Sistem dan spesifikasi tersebut adalah kualitas kamera dan audio terbaik yang pernah ada di Mac. Perangkat ini pun memiliki Touch ID di keyboard untuk pertama kalinya.

Selain kelebihan di atas, terdapat pula beberapa kekurangan iMac 2021 sebagai berikut.

  • Port Semakin Berkurang

Jumlah port iMac ini lebih sedikit daripada generasi 2018 yang memakai prosesor Intel. Port Thunderbolt 3 (USB tipe C, USB 4) hanya ada dua, sedangkan Mac Mini 2018 ada empat. Lebih lanjut, terdapat downgrade port ethernet ke jenis biasa. Bukan ethernet 10 Gbps seperti yang terdapat di Mac Mini 2018. 

  • Tidak Dapat Di-upgrade

Sepertinya Apple tidak lagi menyediakan fitur upgrade memori internal pada Mac Mini sejak kemunculan generasi keempat (2018). Namun, pengguna masih bisa mengatur konfigurasi RAM karena penutup bawah seri Mac sebelumnya dapat dibongkar.

Penutup bawah pada iMac seri ini memang bisa dibongkar namun Anda tak lagi menemukan slot dua keping RAM yang bisa dicopot seperti Mac Mini 2018. Hal ini membuat perangkat ini tidak future-poof karena tidak bisa melakukan upgrade di masa depan.

  • Speaker yang Pelan

Setelah melalui pengetesan, suara dari speaker iMac 2021 mengeluarkan suara cempreng, dangkal, dan datar. Bahkan, untuk memainkan video di YouTube pun tidak terlalu baik. Anda lebih baik membeli headset untuk pemakaian pribadi, atau speaker yang disambungkan via bluetooth jika hendak dipakai untuk bersama.

Baca juga artikel lainnya :

Related posts
Get Life

Apa Itu Hustle Culture? Kerja Kerja Tipes?

Get Life

10 Sneakers Termahal Sepanjang Masa

Get Life

7 Kelebihan dari Toyota Raize Terbaru

Get Life

Tips Memilih Spek Laptop Untuk Bekerja

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *