News Flash

KPI Siap Atur Konten di Dunia Digital

Komisi Penyiaran Indonesia dikabarkan tengah mengusulkan aturan yang menjadi patokan bagi mereka untuk mengawasi konten digital dari media seperti YouTube, Facebook, Netflix, iFlix dan sejenisnya.

Jika aturan ini disetujui, maka tugas KPI akan bertambah. Selain mengawasi konten yang terdapat di televisi, KPI juga masuk ke konten yang berada di ranah media baru atau internet.

“Kami malah ingin segera bisa mengawasi itu, karena di media baru atau media digital saat ini kontennya sudah termasuk dalam ranah penyiaran,” ujar Ketua KPI Pusat Agung Suprio kepada Antara.

Agung menambahkan pengawasan di dunia digital merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pihaknya ingin memastikan bahwa konten- konten yang ada di internet nantinya dapat mengedukasi dan memiliki konten yang berkualitas tinggi.

Agung juga menambahkan, cara masyarakat mengonsumsi konten telah cenderung berubah dari media konvensional ke digital.

“Merujuk data BPS, generasi milenial jumlahnya hampir mencapai 50 persen dari jumlah penduduk,” ujar Agung.

Jika aturan ini disetujui dan disahkan oleh DPR, bukan tidak mungkin konten-konten di YouTube dan Netflix bisa kena blokir. Jika Youtube dan Netflix atau layanan penyaluran lainnya menampilkan konten-konten yang dianggap melanggar aturan KPI, lembaga ini berhak menindak platform tersebut dengan memberi sanksi baik pidana atau denda.

Related posts
News Flash

Sejarah Singkat Tahun Baru Islam

News FlashThe Hype

Pesaing TikTok Milik SnapChat Spotlight Kantongi 100 Juta Pengguna

News Flash

Tokopedia dikabarkan merger dengan Bridgetown

News Flash

Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk GBK

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *