Get Life

FC United of Manchester: Pemberontak Di Kota Manchester

Pada tahun 1819, diperkirakan sebanyak 60 ribu hingga 80 ribu orang berkumpul di lapangan St. Peter, Manchester untuk memprotes parlemen Inggris yang dianggap tidak lagi menjadi representasi rakyatnya pada saat itu. 15 orang meninggal dan 600 hingga 800 orang terluka akibat otoritas Inggris dengan kavaleri berkuda mereka mencoba membubarkan paksa demonstran. Kejadian ini secara tidak langsung turut mempunyai andil dalam lahir The Manchester Guardian (kini bernama The Guardian) salah satu surat kabar terlaris di Inggris yang dikenal relatif berhaluan kiri.

Dua abad kemudian, sebuah klub sepakbola bernama FC United of Manchester lahir atas alasan yang sama. Ketidakpuasan sekelompok pendukung Manchester United atas pemiliknya, Malcom Glazer melahirkan pemberontakan di kubu pendukung Setan Merah.

Berdiri pada tahun 2005, dengan moto dari suporter untuk suporter, FC United of Manchester merupakan klub yang sepenuhnya dijalankan oleh suporter. Siapapun dapat menjadi pemilik FCUM dengan syarat mampu memberikan donasi sebesar 10 poundsterling. Namun kemudian lewat semacam rapat anggota, diputuskan siapapun berhak mendonasikan sesuai kemampuan mereka, bahkan seorang anak perempuan berumur 8 tahun pun mendonasikan uangnya walau tak lebih dari setengah poundsterling.

Pada awal pembentukannya, FCUM berhasil meraih 300rb poundsterling dari hasil 4000 orang yang menjadi donatur sekaligus menjadi pemilik klub tersebut. Pendapatan 300rb poundsterling tersebut menjadi modal awal bagi mereka untuk mengarungi bahtera piramida kompetisi sepakbola liga inggris dari level paling rendah. Karl Maginson ditunjuk menjadi manajer pertama mereka sekaligus membawa FCUM meraih promosi dalam waktu tiga musim awal pertama mereka. 

Andy Walsh yang ditunjuk menjadi General Manager FCUM sadar resiko yang akan mereka hadapi. Sebagai bagian dari manajemen, Walsh mengumpulkan 3400 anggotanya untuk berembuk merancang model pendanaan bagi FCUM. Community shares dianggap sebagai metode yang paling cocok bagi klub yang kini berkandang di Broadhurst Park ini. Setiap anggota diwajibkan membayar biaya iuran tahunan sebesar £ 12 per orang (£ 3 untuk anak-anak). Terlepas dari jumlah yang disumbangkan, setiap anggota hanya berhak atas satu suara dalam setiap pengambilan keputusan. Kebanyakan pendukung dan anggota FCUM sendiri merupakan pemilik tiket musiman Manchester United yang tidak puas dengan rezim keluarga Glazer di Old Trafford. Bagi mereka, bukan mereka yang meninggalkan Old Trafford, tapi Manchester United lah yang pergi meninggalkan mereka. 

10 tahun setelah berdiri, FCUM kini berada di National League North atau divisi 6 dalam piramida kompetisi sepakbola liga Inggris dan berhasil membangun Broadhurst Park, stadion yang menjadi rumah mereka. Ada jalam yang maish sangat panjang bagi FCUM untuk menjadi pesaing atau bahkan disegani seperti sodara tuanya Mancheter United. Namun bukan tak mungkin suatu saat nanti FCUM bakal saling berhadapan dengan sodara tuanya, Manchester United, walau di level sekelas Piala FA sekalipun. 

Related posts
Get Life

Tips Memilih HP Infinix Sebelum Membeli

Get Life

Tips Sebelum Membeli Redmi 9T

Get LifeThe Hype

Perbandingan Realme C11 Dan Redmi 9

Get Life

Xiaomi Rilis Scooter Terbaru Ninebot C30

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *