Get Life

Perjalanan Panjang Internet

Dewasa ini, internet telah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern. Bagi masyarakat perkotaan koneksi internet adalah kebutuhan primer. Tapi tahukah kalian, sebelum berevelusi seperti sekarang, internet telah melewati perjalanan yang sangat panjang.

Kata internet sendiri merupakan kependekan dari interconnection-networking. Internet sendiri merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung.

Internet sendiri berawal dari proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), yang kemudian menjadi cikal bakal sistem protokol yang kini dikenal dengan sebutan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). ARPANET sendiri merupakan proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang dibuat untuk membuat sistem jaringan komputer di daerah- daerah vital untuk terhubung satu sama lain dan membentuk suatu jaringan terpadu untuk menghidari terpusatnya penyebaran informasi dan mengatasi masalah kehilangan data jika terjadi serangan nuklir.

Sebelum internet lahir, terdapat beberapa sistem komunikasi yang berbasis digital seperti telegraf. Telegraf mengirim data melalui sinyal elektromagnetik melalui media kabel dan radio yang hanya mampu menghubungkan tidak lebih dari dua perangkat. Telegraf sendiri lahir seratus tahun sebelum komputer modern awal muncul.

Internet akhirnya mulai dapat dirasakan oleh masyarakat banyak ketika seorang ahli pemograman komputer, Tim Benners-Lee membuat suatu jaringan yang pada awalnya dibuat hanya untuk menyusun arsip- arsip riset pribadinya. Jaringan tersebut diberi nama Esquire yang menjadi cikal bakal program yang bernama World Wide Web, sebuah program yang menghubungkan komputer satu ke komputer lainnya di belahan dunia yang lain untuk memudahkan pencarian informasi yang kita butuhkan sekarang. World Wide Web kemudian dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa, di Jenewa, Swiss. Hingga akhirnya pada musim panas tahun 1991, World Wide Web secara digunakan oleh masyarakat luas pada jaringan internet.

Kini, internet bukan lagi menjadi barang yang mewah bagi masyarakat perkotaan, bahkan PBB menjadikan internet sebagai bagian dari Hak Asasi Manusia.Dari awal email pertama pada tahun 1971 hingga kini, kemajuan internet telah membantu kita dalam memecahkan berbagai persoalan dalam hidup, merevolusi cara kita berkomunikasi, dan membuat jarak semakin tak berarti.  Google, Youtube, Facebook, Twitter, Ebay, Amazon adalah beberapa dari ribuan bahkan mungkin jutaan adalah perusahaan yang menggunakan jaringan internet dalam memasarkan jasa dan produk mereka. Berikut adalah beberapa momen- momen awal dari beberapa perusahaan internet yang kini merajai dunia maya:

1. Foto pertama yang diunduh ke World Wide Web.

Poto pertama yang diunduh ke world wide web

Poto pertama yang diunduh ke world wide web

2.  Situs pertama yang didaftarkan menggunakan domain “.com”

0

3. Foto yang pertama kali diunduh ke Instagram.

Foto milik CEO sekaligus pendiri Instagram, Kevin Systrom.

Foto milik CEO sekaligus pendiri Instagram, Kevin Systrom.

4. Halaman web pertama di internet

We pertama di internet

Tampilan pertama profil Facebook

Tampilan pertama profil Facebook

Related posts
Get Life

Tips Memilih Spek Laptop Untuk Bekerja

Get Life

Tips Memilih HP Infinix Sebelum Membeli

Get Life

Tips Sebelum Membeli Redmi 9T

Get LifeThe Hype

Perbandingan Realme C11 Dan Redmi 9

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *