News Flash

Sejarah Singkat Tahun Baru Islam

Tidak seperti tahun baru Masehi yang datang setiap tanggal 1 Januari, tahun baru Islam jatuh pada tanggal 1 Muharram. Tahun baru Islam dikenal juga sebagai Tahun Baru Hijriah, dimana kalender Islam memiliki 354 atau 355 hari. Tanggal 1 Muharram menandai dimulainya kalender Islam berganti, sekaligus pengingat terhadap peristiwa penting dalam sejarah Islam.

Sebelum kalender Hijriyah digunakan, masyarakat Muslim pada saat itu menandai hari dengan peristiwa penting yang terjadi. Hingga akhirnya Umar Bin Khatab RA mengutus orang-orang yang dpilih olehnya, seperti  Ali bin Abi Thalib, Abdurrahman bin Auf RA, Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam RA, Sa’ad bin Waqqas dan Thalhan bin Ubaidillah untuk menyusun kalender Islam.

Terdapat perdebatan yang cukup alot dalam membahas awal kalender Islam dimulai. Selain peristiwa hijrah Rasulullah SAW, beberapa pendapat seperti hari kelahiran Rasulullah SAW serta peristiwa Isra Mi’raj dimana Rasulullah SAW mendapat wahyu menjadi awal kalender Islam.

Hingga akhirnya, Ali bin Abi Thalib mengusulkan peristiwa hijrah Rasulullah SAW dari Mekkah ke Yatsrib sebagai momen awal kalender Islam dimulai. Dimana tahun 622 Masehi menjadi tahun pertama pada Kalender Hijriah.

Sama seperti Kalender Masehi, Kalender Hijriyah memuat 7 hari dalam seminggu dan 12 bulan dalam satu tahun, dimana bulan Muharram menjadi bulan pertama dalam penanggalan di Kalender Hijriyah dan diakhiri dengan bulan Dzulhijjah. Terdapat perbedaan dalam menetapkan hari di Kalender Masehi dengan Kalender Hijriyah. Berbeda dengan perubahan hari dalam Kalender Masehi, perubahan hari Kalender Hijriyah dimulai saat matahari terbenam.

Related posts
News FlashThe Hype

Pesaing TikTok Milik SnapChat Spotlight Kantongi 100 Juta Pengguna

News Flash

Tokopedia dikabarkan merger dengan Bridgetown

News Flash

Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk GBK

News Flash

Ahli Epidemiologi Harvard, Memperkirakan Virus Corona Akan Menginfeksi 70 Persen Manusia

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *