Get Life

Tips Memilih Spek Laptop Untuk Bekerja

laptop

Bagi pekerja kantoran, laptop merupakan kebutuhan utama. Laptop dengan spesifikasi yang tepat akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat selesai. Karena itu, langkah awal yang perlu dilakukan sebelum membeli laptop adalah memastikan spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan.

Laptop acer adalah salah satu merek laptop yang banyak digunakan untuk bekerja. Spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh laptop ini cukup memuaskan. Selain itu, modelnya bervariasi dan bisa dipilih sesuai bujet yang tersedia. Nah, sebelum memutuskan pilihan, simak terlebih dahulu ulasan berikut ini.

Beberapa Tips Memilih Spek Laptop Untuk Bekerja di Rumah atau Kantor

Prosesor

Prosesor merupakan komponen utama pada suatu laptop karena berfungsi mengolah perintah yang masuk. Ada berbagai merek prosesor yang bisa disematkan pada laptop, contohnya Intel, AMD, IBM, atau Apple. Tiap jenis prosesor memiliki keunggulan yang berbeda.

Di antaranya, Intel merupakan merek prosesor yang banyak digunakan. Salah satu kelebihan prosesor ini adalah lebih tahan panas. Hal tersebut dimungkinkan oleh teknologi canggih pada prosesor yang dapat mengatur suhu. Karena kelebihan tersebut, laptop dengan prosesor Intel cocok bagi Anda yang bekerja dalam durasi panjang.

RAM

RAM (Random Access Memory) adalah hardware yang biasa disematkan pada perangkat seperti laptop atau smartphone. Fungsi RAM adalah sebagai tempat penyimpanan sementara dan berguna untuk mempercepat pemrosesan data. Makin besar kapasitas RAM, perangkat yang digunakan pun akan lebih cepat dalam memproses data.

Pada laptop Acer, kapasitas memori yang tersedia bervariasi, mulai dari 4GB. Selain itu, jenis RAM yang digunakan pada laptop dengan spesifikasi standar adalah DDR4. Jenis RAM ini lebih hemat daya listrik dan mendukung kecepatan tinggi.

Storage

Storage adalah hardware pada laptop yang berfungsi untuk menyimpan data digital. Data digital bisa disimpan dalam jangka waktu lama tergantung usia dan perawatan pada storage tersebut.

Ada 3 jenis storage yang dapat dipasang pada laptop, yaitu hard disk drive (HDD), solid state drive (SSD), dan solid state hybrid drive (SSHD). Perbedaan ketiganya dari segi bentuk, ukuran, kapasitas, harga, dan kecepatan.

Jenis storage HDD identik dengan kapasitas memori paling besar daripada yang lain. Sementara itu, SSD memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil dan tipis. SSD banyak digunakan pada laptop dengan model ramping.

Besar memori penyimpanan di storage laptop kerap menjadi pertimbangan utama, khususnya bagi para pekerja. Namun, faktor lain seperti kecepatan pun tidak boleh diabaikan saat memilih laptop.

Kartu Grafis

Perangkat keras lain yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli laptop untuk bekerja adalah kartu grafis. Perangkat ini berfungsi untuk menciptakan tampilan gambar di layar monitor. Kartu grafis berkualitas tentu menghasilkan grafis yang bagus juga.

Ada dua merek kartu grafis yang umum digunakan pada sebuah laptop yaitu AMD dan NVIDIA. Keduanya berbeda, terutama dari segi kualitas grafis yang dihasilkan. NVIDIA dikenal cocok untuk laptop gaming karena lebih mampu menampilkan konten 3D secara optimal.

Sebaliknya, kartu grafis AMD banyak digunakan untuk mengakses konten multimedia. Dari segi harga, produk AMD lebih terjangkau daripada NVIDIA. Itulah sebabnya, laptop yang menggunakan kartu grafis AMD biasanya dijual dengan harga lebih murah.

Nah, jika bidang pekerjaan Anda tidak berhubungan dengan grafis 3D, menggunakan laptop yang memiliki kartu grafis AMD sudah cukup. Ada banyak varian laptop Acer yang dibekali dengan hardware dari produk AMD.

Monitor

Saat Anda akan membeli laptop, komponen seperti monitor pun patut diperhatikan. Pasalnya, semua aktivitas yang dilakukan dengan laptop akan melibatkan bagian ini.

Ada berbagai jenis layar monitor yang biasa dipasangkan pada laptop, yaitu Twisted Nematic (TN), In-Plane Switching (IPS), dan Organic Light-Emitting Diode (OLED). Jenis-jenis monitor ini bisa dibandingkan dari segi penghematan daya, resolusi, waktu respons, kualitas warna, refresh rate, dan harga.

Untuk memilih laptop yang tepat, kenali terlebih dahulu kebutuhan Anda. Selanjutnya, pertimbangkan merek laptop terbaik berdasarkan jenis monitor yang digunakan.

Baterai

Jangan abaikan perangkat lain seperti baterai saat akan membeli laptop. Jika Anda lebih sering bekerja di luar rumah dan tidak ingin membawa charger, memiliki laptop dengan penyimpanan daya besar dan bobot ringan pasti lebih cocok.

Baterai pada laptop terdiri atas beberapa jenis, yaitu Nickel Cadmium (NiCd), Nickel Metal Hydride (NiMH), dan Lithium-Ion (Li-on). Di antara ketiga jenis baterai ini, Lithium-Ion merupakan jenis baterai yang paling ideal karena mampu menyimpan daya lebih besar dan memiliki bobot yang paling ringan.

Keyboard

Keyboard merupakan hardware pada laptop yang berfungsi untuk menginput huruf, angka, atau simbol. Keyboard yang dipasang dapat dibedakan dari segi bentuknya. Hal ini berpengaruh terhadap kenyamanan saat mengetik di laptop.

Selain itu, fitur tambahan lain seperti backlight juga bisa menjadi pertimbangan Anda. Fitur ini memudahkan Anda mengetik di tempat yang minim cahaya karena tombol keyboard bisa menyala. Bahkan, ada pula keyboard yang bisa berganti warna tiap beberapa detik.

Speaker

Jika Anda senang mendengarkan musik, teknologi audio yang digunakan pada laptop tentu sangat penting. Pada laptop Acer sendiri, ada beberapa opsi yang tersedia, salah satunya DTS® Audio. Dengan teknologi ini, Anda bisa mendapatkan pengalaman mendengar suara seperti di ruang konser.

Ada pula yang disebut Acer Purified Voice Technology. Laptop dengan teknologi ini menggunakan mikrofon ganda dan dilengkapi teknologi beam-forming. Output suara yang dihasilkan keras dan jelas, meskipun suasana di sekitarnya bising. Bagi Anda yang ingin membeli laptop Acer, ada banyak pilihan di Blibli dengan harga yang bervariasi.

Berikut tips atau beberapa cara untuk memilih laptop untuk kebutuhan bekerja dari cara memilih dari prosessor yang cocok untuk digunakan hingga speaker yg memadai untuk bekerja di rumah maupun di kantor.

Baca juga artikel lain :

Related posts
Get Life

Tips Memilih HP Infinix Sebelum Membeli

Get Life

Tips Sebelum Membeli Redmi 9T

Get LifeThe Hype

Perbandingan Realme C11 Dan Redmi 9

Get Life

Xiaomi Rilis Scooter Terbaru Ninebot C30

Mau inbox Email Kamu ada pesan dari Selancar? Daftar disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *